Lorem ipsum dolor amet, consectetuer adipiscing elit. Aenean commodo ligula eget dolor massa. Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus.

Baker

Follow Us:

Blog

Tips Agar Kue Kering Awet

Inilah 7 Tips Agar Kue Kering Awet

Tips agar kue kering awet dan tidak berjamur sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama bagi pecinta kue kering. Kue kering menjadi salah satu hidangan yang wajib disajikan pada hari raya, namun seringkali membuat kue tidak habis dan mengalami perubahan kualitas karena tidak disimpan dengan benar.

Berjamur, lembek, atau berbau tengik menjadi masalah yang sering dialami. Oleh karena itu, beberapa tips agar kue kering awet dan enak dikonsumsi hingga beberapa hari setelah Lebaran akan membantu memenuhi kebutuhan ini. Penasaran tips-tipsnya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tunggu Dingin Baru Kemas

Banyak orang yang memilih untuk membuat kue kering sendiri, namun mereka tidak memperhatikan hal-hal kecil yang dapat mempengaruhi kualitas kue kering yang dibuat. Salah satu contoh adalah ketika kue yang belum dingin dimasukkan ke dalam toples, sehingga kue dapat menjadi lebih cepat bau alias tengik.

Hal ini disebabkan oleh kandungan air yang masih terkandung dalam kue kering, sehingga kandungan air dan lemak terikat satu sama lain dan kue berpotensi menjadi lebih cepat tengik. Selain itu, kue kering juga memiliki kelembapan lebih tinggi, sehingga tekstur renyah yang diidamkan tidak akan tercapai. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan wadah yang akan digunakan benar-benar bersih dan kedap udara, agar kue kering dapat disimpan dengan baik dan tetap segar.

Dalam menyimpan kue kering, kelembapan udara sangat penting, karena dapat mempengaruhi tekstur dan rasa kue. Oleh karena itu, perlu diperhatikan untuk menggunakan wadah yang benar-benar bersih dan kedap udara. Serta memastikan bahwa kue kering sebelum disimpan tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Perhatikan Jenis Kuenya

Tekstur kue kering adalah salah satu faktor yang paling penting dalam menentukan kualitas kue kering. Kebanyakan kue kering terbagi dua jenis, yaitu kue kering renyah dan kue kering lunak. Walaupun kedua jenis kue ini memiliki tekstur yang berbeda, namun masih banyak orang yang menempatkan keduanya dalam satu wadah yang sama.

Baca juga: Inilah Nama – Nama Kue Kering dan Gambarnya

Mereka berpikir bahwa dengan demikian, dapat menghemat tempat dan juga mengurangi biaya. Namun, hal ini sebenarnya dapat mempengaruhi tekstur kue kering. Dengan mencampur dua jenis kue ini, akan menyebabkan perubahan tekstur pada kue kering renyah, sehingga akan menjadi lembab dan tidak lagi renyah.

Sebaliknya, kue kering lunak juga akan mengalami perubahan tekstur, sehingga tidak lagi lunak dan lembut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan tekstur dan jenis kue kering yang akan disimpan pada toples sehingga dapat menghasilkan kue kering yang sesuai dengan selera.

3. Simpan di Plastik Kedap Udara dan Bekukan

Kue kering harus disimpan dengan cara yang tepat untuk mempertahankan kualitas dan tekstur renyahnya. Salah satu tips agar kue kering awet dan tidak berjamur adalah dengan memastikan kue kering tidak terpapar udara terlalu sering.

Oleh karena itu, sebaiknya simpan kue kering dalam plastik kedap udara dan hindari menyajikan seluruh kue dalam toples. Selain itu, membekukan kue kering juga dapat mempertahankan tekstur renyahnya dalam jangka waktu lebih lama.

Dalam membekukan kue kering, Anda dapat menggunakan plastik kecil dan melapisinya dengan aluminium foil. Cara ini akan membantu mencegah kue kering dari kontaminasi udara dan menghemat ruang penyimpanan.

Jika Anda akan menyajikan atau mengkonsumsinya secara berkala, Anda dapat melepas bungkus tersebut dan diamkan kue kering beku di atas meja terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat langsung mengkonsumsinya. Dengan demikian, Anda dapat menjamin bahwa kue kering tetap segar dan renyah dalam jangka waktu yang lama.

4. Masukan Kemasan Silica Gel pada Toples

Anda mungkin sering melihat kue kering yang terdapat bungkusan kecil yang berisi silica gel. Apabila Anda menemukannya, jangan dibuang, biarkan saja kemasan silica gel berada di dalam toples. Ini karena silica gel dapat berfungsi sebagai alat pengawetan yang efektif.

Dalam membuat kue kering sendiri, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah berjamur dan melempem. Namun, dengan menambahkan silica gel ke dalam toples, Anda dapat menghindari kue kering dari berjamur dan melempem. Silica gel dapat membantu mengurangi kelembaban di dalam toples, sehingga kue kering tetap segar dan renyah.

Oleh karena itu, jika Anda membuat kue kering sendiri, jangan lupa menambahkan silica gel ke dalam toples sebelum menyimpannya. Dengan demikian, Anda dapat menjamin bahwa kue kering tetap segar dan renyah dalam jangka waktu yang lama.

5. Gunakan Wadah yang Tepat

Pemilihan wadah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan adalah tips agar kue kering awet dan tidak berjamur. Salah satu cara untuk menghindari kerusakan kue kering adalah dengan menghindari penggunaan wadah yang tidak kedap udara. Hal ini karena udara dapat menyebabkan kue kering menjadi melempem dan kehilangan tekstur renyah.

Baca juga: 10 Rekomendasi Cetakan Kue Kering Terbaik

Untuk itu, pilihlah wadah yang memiliki kemampuan untuk disegel dengan rapat, seperti wadah plastik bersekat atau toples kaca yang memiliki penutup silikon. Pastikan wadah tersebut bersih dan kering sebelum digunakan untuk menyimpan kue kering, sehingga tidak akan membuat kue kering melempem dan berjamur. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa kue kering akan tetap awet dan segar dalam waktu yang lama.

6. Perhatikan Area Penyimpanan

Suhu dan tempat penyimpanan memiliki peran penting dalam menjaga keawetan kue kering. Simpan kue kering di tempat yang kering, sejuk, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Jangan simpan kue di dekat sumber panas, seperti dapur atau kompor. Suhu ruangan yang kering (16-18°C) lebih ideal untuk menyimpan kue kering.

Juga hindari penyimpanan kue di tempat lembab. Kelembaban dapat membuat kue kering menjadi lemas atau basah. Simpanlah kue di tempat yang sesuai untuk menghindari kerusakan.

7. Simpan di Wadah Bersih dan Rapat

Salah satu tips agar kue kering awet adalah menggunakan wadah yang bersih dan rapat. Pastikan untuk menyimpan kue kering di wadah yang bersih, tertutup rapat, dan kering untuk mengoptimalkan kesegaran dan kualitas kue. Wadah yang tidak sesuai dengan syarat-syarat ini dapat membuat kue berjamur dan tidak tahan lama.

Contohnya, wadah yang basah dapat membuat kue menjadi lembab dan rentan melempem, sehingga mengganggu cita rasa dan tekstur kue. Selain itu, wadah yang tidak tertutup rapat dapat memungkinkan kontaminasi dari udara luar atau benda-benda lainnya yang dapat merusak kue.

Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama kualitas wadah sebelum menyimpan kue. Dan pastikan bahwa wadah tersebut sesuai dengan syarat-syarat yang diperlukan untuk menghasilkan kue yang segar dan enak.

Itulah beberapa tips agar kue kering awet yang dapat Anda lakukan. Jika Anda ingin menikmati kue kering yang lezat dan dikemas dengan aman dan dapat membuat kue kering lebih awet, Anda dapat memesannya di Bellarosa.

Kue kering Bellarosa adalah distributor kue kering yang telah terkenal dengan kualitas produknya. Bellarosa telah berkomitmen untuk menghasilkan kue kering yang lezat dan segar, dengan menggunakan bahan-bahan pilihan dan proses produksi yang terkontrol.

Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa kue kering yang Anda pesan dari Bellarosa akan memiliki cita rasa yang unik dan tekstur yang renyah. Selain itu, Bellarosa juga menawarkan berbagai pilihan kue kering, sehingga Anda dapat memilih opsi yang sesuai dengan selera Anda!